Login Pendaftaran
PMB-ONLINE 2018/2019
Online Admission
 UK Petra Minimize

 Print   
 PMB Online Minimize

 Print   

Sekilas

Sejarah

 

       
 

Berdirinya Universitas Kristen Petra tidak lepas dari peran Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra). PPPK Petra merupakan sebuah perhimpunan Kristen yang didirikan pada tahun 1951 yang bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan dari tingkat taman kanak-kanank hingga pendidikan menengah. Kerinduan memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, mendorong para pengurus perhimpunan ini mendirikan sebuah eprguruan tinggi. Untuk mewujudkan gagasan tersebut maka dibentuk suatu panitia Adhoc yaitu Panitia Persiapan Perencanaan Pendirian Universitas yang bertugas menyiapkan segala sesuatu untuk berdirinya sebuah perguruan tinggi Kristen. Pada tanggal 22 September 1961 bertepatan dengan perayaan HUT PPPK X secara resmi diumumkan berdirinya UNIVERSITAS KRISTEN PETRA dengan fakultas Sastra sebagai fakultas pertama dan satu tahun kemudian pada tahun 1962 berdirilah Fakultas Teknik Sipil. Melihat perkembangan yang terjadi di universits yang menuntut pengelolaan yang lebih, maka Dewan Pengurus PPPK Petra menentapkan satu panitia untuk memepersiapkan pendirian Yayasan urusan Universitas. Maka pada tahun 1964 disepakati berdirinya Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) dan diaktenotariskan pada tahun 1965, yang beranggiotakan wakil dari PPPK Petra, tokoh-tokoh Kristen dan didukung oleh 6 gereja Protestan di Surabaya.


Sebagai kampus yang baru berdiri, UK Petra pada awal-awal pendiriannya sempat berpindah-pindah dan menempati bebrapa gedung, dimulai di Jl. Embong Wungu dan Jl. WR. Supratman pada tahun 1961, kemudian di Jl. Indrapura, Embong Kemiri, JL. Panglima Sudirman 73, Jl. Kalianyar dan pada tahun 1973 seluruh perkuliahan dipusatkan di Jl. Siwalankerto hingga saat ini. Apa yang telah dicapai oleh UK Petra tersebut tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari banyak pihak selain dari keluarga besar PPPK Petra, beberapa lembaga dari dalam dan luar negeri turut membantu dalam pengembangan fisik dan fasilitas, pengelolaan universitas dan juga tenaga-tenaga pengajar, beberapa institusi tersebut diantaranya adalah United Presbyterian Church,Commision for the Advancement of Christian Higher Education in Asia, World Council of Churches, United Board for Christian Higher Education in Asia (UBCHEA) ,Interkelijke Coordinatie Commissie Ontwikkelings Projekten (EZE) Jerman Barat, Hilfswerk der Evangelischen Kirchen der Schweiz – Swiss, Association of Chirstian Higher Education in Asia (ACUCA), Overseas Missionary Felloship, Dienste in Ubersee-Jerman Barat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Kini telah lebih dari 46 tahun UK Petra mengemban perannya dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Saat ini UK Petratelah meluluskan 20.000 alumni yang tersebar diberbagai daerah nusantara. Jaringan alumni yang baik dan memiliki citra positif dimasyarakat merupakan suatu prestasi yang terus dikembangkan, saat ini legih dari 75% alumni UK Petra merupakan wirausahawan dibidang industri dan jasa.

Siwalankerto 121-131 Surabaya
Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31
Fax: +62 31 8436418
Love Integrity Growth Humility Truth